ON BOARDING TRAINING : MANAGEMENT TRAINEE HUTAMA KARYA 2019

10:35 PM


Cukup lama tidak menulis, akhirnya ada kesempatan untuk menulis lagi di blog ini.
Lama tidak muncul, sekali muncul aku sudah menjadi bagian dari Management Trainee Hutama Karya 2019. Ya. I'm part of this company.

Lebih dari lima bulan lamanya setelah sebelumnya memutuskan untuk resign dari salah satu accounting firm di Jakarta, dengan perjuangan yang tiada hentinya untuk dapat menjadi bagian dari salah satu BUMN akhirnya mencapai ujungnya. Jujur, memang jauh dari kesesuaian kehendak awal. Namun, aku rasa ini jawaban terbaik dari Tuhan pada akhirnya.

Sedikit cerita, aku memiliki goals untuk bekerja di salah satu BUMN di Kota Gresik yang mungkin bagi sebagian besar masyarakat di sana, khususnya orang tua, perusahaan ini menjadi tolak ukur sukses yang perlu diraih. Setiap mengikuti rekrutmen ke sana ke mari terselip doa yang selalu aku panjatkan terutama ketika melewati perusahaan ini. Berharap, semoga Tuhan mengabulkan doa agar nantinya aku terus dapat berada di samping kedua orang tua. 

Ada satu pola yang terulang setiap kali aku mengikuti rangkaian proses rekrutmen selama berbuan-bulan itu: pengumuman di satu company akan selalu berbarengan dengan yang lainnya, termasuk jadwal tes yang ada. I'm so bad in making a decision. Berawal dari dinyatakan lolos Dan*n* yang berbarengan dengan tes salah satu BUMN elemen listrik, haha, hingga ketika aku dinyatakan diterima di Hutama Karya dan berbarengan dengan perusahaan yang selalu terucap dalam doa. 

Perjuangannya tidak mudah. Percayalah.

Kondisi kedua aku jalani dengan mengikuti tes di perusahaan yang aku inginkan. Berharap pada akhirnya dapat kembali ke kota tercinta. Berharap segalanya dilancarkan jika memang jalan dan rejekinya di sana. Sayangnya Tuhan berkehendak lain. Aku dinyatakan tidak lolos di tahap wawancara psikologi. Sejujurnya aku menyadari alasannya: I was not fully there. The reason for placement made me doubt. There is no guarantee that I will work in PT Pet*okimi*a. In my heart I said "why am I continuing this?"

Ada perasaan sedih yang cukup mengganggu, terutama mengganggu aktivitas on boarding training di Hutama Karya. Sesekali izin untuk keluar hanya untuk menyeka air mata. 








Sekarang, sudah dua minggu lamanya aku menjalani masa pelatihan di PPM Manajemen. Bersyukur luar biasa karena mulai mengenal lebih dekat dengan circle yang aku miliki saat ini. The more I know about the people and the Company, the more I feel blessed with all I have right now. Jujur, saya cukup kagum dengan orang-orang di sini yang cukup religius. Adzan berkumandang, semua berbondong sholat dan jamaah di musholla. Baru kali ini aku merasa "nyaman" dengan lingkungan yang ada. Nyaman dalam berbagai aspek yang ingin aku cari. 

Terhitung hari ini, masih ada dua minggu ke depan yang harus aku jalani untuk menyelesaikan semua rangkaian pelatihan ini. Tiring yet fulfilling. Masih banyak kosakata "semoga" yang ingin aku penuhi ke depan. Namun yang terpenting adalah kehadiranku semoga akan mampu memberikan kontribusi untuk negeri dan bermanfaat bagi sekitar.


- BUMN Hadir untuk Negeri -

DAS

You Might Also Like

0 comments