TAHAPAN TES MANAGEMENT TRAINEE PT HUTAMA KARYA (PERSERO)

11:06 AM

Mengingat saat ini PT Hutama Karya (Persero) membuka kembali rekrutmen Management Trainee dan terdapat cukup banyak pihak yang menanyakan tahapan proses rekrutmen ini, so it does make sense apabila aku menjabarkan hal tersebut di platform ini. 

Disclaimer: Penjelasan ini berdasarkan pengalaman tahapan yang aku lalui bulan April 2019 lalu. Sehingga tidak menutup kemungkinan apabila terdapat perbedaan tahapan pada rekrutmen tahun ini dengan tahapan rekrutmen pada tahun sebelumnya.

Beberapa tahapan yang aku lalui pada proses rekrutmen Management Trainee PT Hutama Karya (Persero) tahun 2019 lalu adalah sebagai berikut:

1. Administrative Selection

Seperti pada perusahaan lainnya, proses rekrutmen pasti diawali dengan seleksi administratif dimana pada tahap ini kamu perlu melakukan pengisian informasi dan kelengkapan dokumen yang diperlukan. Informasi-informasi yang perlu dilengkapi kurang lebih meliputi data diri pribadi, keluarga, latar belakang pendidikan, pengalaman pekerjaan, achievement, lokasi tes dan lain sebagainya. Pun dengan lampiran yang perlu diunggah seperti KTP, akta kelahiran, ijazah, transkip nilai, TOEFL certificate, dan sertifikat achievement lain yang dimiliki.

2. Online Test

Sekitar dua minggu dari proses administrasi jika memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan, pengumuman hasil seleksi keluar dan disampaikan baik melalui email yang didaftarkan maupun website rekrutmen Hutama Karya. 


Pada online test ini, setiap peserta akan dibagi ke dalam beberapa kelompok jadwal tes. Bahan yang diujikan dalam tahap ini masih termasuk umum, yaitu TPA yang dibagi dalam beberapa subtes dengan alokasi waktu yang berbeda, seperti verbal, aritmatika, logika, analogi, pola gambar maupun pola barisan.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menjalani online test sebagai berikut:
  • Penting untuk diingat pada tahap ini untuk selalu membaca instruksi tes dengan teliti dan tidak melewatkan informasi penting yang ada, baik itu mengenai teknik pengerjaan maupun alokasi waktu yang sediakan. Terdengar sepele namun seringkali menjadi masalah ketika tes selesai dilakukan.
  • Pastikan koneksi internet stabil.  Cari tempat yang nyaman dan siapkan segala perlengkapan yang memang dirasa diperlukan, seperti kertas, pen, dsb.
  • Jangan terlalu fokus pada satu soal. Make your own strategy to allocate your time
Setiap orang mungkin memiliki trik dan persiapan yang berbeda. Beberapa orang berlatih beberapa hari sebelumnya dengan banyak mengerjakan soal TPA. However, I personally have never practiced the day before. Because basically the purpose of the test is to look at the profile of individual thinking abilities which are then matched to the Company culture. Namun, aku sendiri punya kebiasaan bermain Sudoku, the only game I have, di waktu senggang yang mana menurutku cukup membantu kemampuan logikaku.

3. Psikotest/ Paper & Pencil Test

Selang dua minggu dari test online, pengumuman pun keluar dan disampaikan kembali melalui web dan email pribadi yang terdaftar.


Psikotest dilaksanakan sesuai dengan lokasi yang dipilih pada saat registrasi awal. Pada waktu itu, aku memilih Surabaya dan tes dilaksanakan di Departemen Teknik Sipil ITS. Jujur, waktu pelaksanaan tes ini cukup lama, dimulai pukul 07.30 WIB dan selesai sore hari sekitar pukul 17.30 WIB. Pelaksanaan psikotest sendiri dibagi ke dalam dua sesi. 

Sesi pertama dimulai pukul 07.30 WIB yang diawali dengan pengecekan dokumen ijazah yang dibawa dan pengisian CV yang terdiri dari beberapa informasi terkait latar belakang pendidikan, keluarga, pengalaman organisasi dan pekerjaan, achievement dan beberapa informasi lain yang biasa diajukan pada saat wawancara psikologi. Setelah itu, tes dilanjutkan seperti tes psikotes pada umumnya yang mencakup tes verbal, sinonim antonim, aritmatika (operasi matematika sederhana), pola gambar (mencari pasangan gambar yang tepat dengan mengikuti pola gambar sebelumnya), logika, pauli test, dan bahasa inggris. Dinamakan pencil & paper test karena seluruh tes ini pada dasarnya dilakukan secara tertulis

Bagi kalian yang mungkin belum familiar dengan Tes Pauli, tes ini yang biasa disebut dengan tes koran merupakan tes perhitungan sederhana secara vertikal dari atas ke bawah pada kertas A3 secara terus menerus pada kolom-kolom berikutnya dengan waktu yang cukup singkat. Hal ini berbeda dengan Tes Kraepelin yang dimulai secara vertikal dari bawah ke atas, berhenti sesuai aba-aba, dan beralih pada kolom berikutnya. Tes koran digunakan untuk mengetahui kemampuan kinerja seseorang yang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti ketelitian, kecepatan, dan daya tahan seseorang. Cara pengerjaan tes ini adalah dengan menjumlahkan dua angka yang berdekatan dan menuliskan angka akhir dari hasil penjumlahan. Penting bagi kalian untuk selalu memperhatikan instruksi sebelum mengerjakan tes ini karena terkadang masing-masing pihak ketiga recruiter memiliki cara pengisian (khususnya cara koreksi jawaban) yang berbeda.

Gambar 1. Pauli Test
Untuk tes bahasa inggris sendiri, based on my personal opinion dibandingkan dengan tes bahasa inggris di perusahaan lainnya, soal-soal yang diajukan tidak sulit, just a basic english, seperti mengisi blank space dengan struktur kalimat atau kata yang tepat.

Setelah seluruh tes dilaksanakan, akan ada jeda waktu ISHOMA kurang lebih satu jam dan setelah itu hasil tes akan langsung diumumkan setelah ISHOMA selesai. Bagi peserta dinyatakan lolos akan melanjutkan tes sesi selanjutnya di hari yang sama. Tes sesi kedua ini meliputi FGD, panel interview, wartegg test, inventory test, dan tes teknis.

Gambar 2. Wartegg Test
  • FGD (Focus Group Discussion) dilakukan dengan beberapa peserta lainnya dalam sebuah grup dengan membahas suatu topik yang diberikan. In the discussion, it is important to remember that the key point is not about how vocal you are in the group, but rather how you voice your opinions, respect others, and direct the discussion well. 
  • Selanjutnya, tes dilanjutkan dengan panel interview, masih dengan grup yang sama, dengan beberapa pertanyaan yang diajukan psikolog sebagaimana wawancara psikologi pada umumnya. Dimulai dari menceritakan diri pribadi, pengalaman pekerjaan sebelumnya, hingga beberapa problem solving questions. 
  • Wartegg test merupakan tes dengan 8 kotak dengan masing-masing pola yang harus dilanjutkan oleh peserta tes dengan suatu gambar sebagaimana pada Gambar 2 di atas. Kembali, terkait hal ini tidak ada trik yang bisa aku jelaskan mengingat tujuan tes ini adalah melihat kecocokan kepribadian peserta pada budaya perusahaan yang diinginkan. Perlu dipahami bahwa tes semacam ini tidak melihat lolos atau tidak lolos, namun lebih kepada sesuai atau kurang sesuai dengan perusahaan.
  • Inventory test adalah tes kepribadian dengan memilih pilihan pernyataan mana yang dianggap cukup menggambarkan pribadi peserta. 
  • Tes teknis merupakan tes akademis berupa pilihan ganda yang sesuai dnegan jurusan masing-masing peserta.
Beberapa hal berikut merupakan hal cukup sepele namun penting untuk diperhatikan dalam melakukan keseluruhan tes ini mengingat durasi tes ini cukup lama dan cukup menguras energi:
  • Istirahat yang cukup sehari sebelumnya. 
  • Sarapan. 
  • Focus only on your work. Terkadang banyak orang kehilangan fokus terutama dalam pengerjaan tes koran ketika melihat beberapa orang disekitarnya menambah kertas tes. Don't focus on those people. Just focus on your calculation and your speed.
  • Respect others, don't try to dominate your discussion.
  • Just be yourself. Beberapa orang berupaya untuk membuat kepribadiannya terlihat cukup baik meskipun tidak menggambarkan dirinya yang sebenarnya. If you do not pass the test, it does not mean you are not qualified but you might not match with what the company is looking for.
4. Wawancara HC & User


Apabila dinyatakan lolos pada pencil & paper test sebelumnya, maka tahap selanjutnya adalah wawancara HC & User. Tidak banyak hal yang mungkin bisa aku bagikan terkait tahap ini karena satu orang akan berbeda dengan orang lainnya dalam hal pertanyaan yang diajukan. Wawancara HC secara umum mungkin sama dengan wawancara HC di Perusahaan lainnya yaitu melihat seberapa baik kalian mengenal perusahaan tersebut, alasan mengapa kamu memilih mendaftar perusahaan tersebut instead of other companies, kesediaan kamu ditempatkan di luar daerah, dsb. Sedangkan untuk wawancara user, jika kamu fresh graduate yang sebelumnya belum memiliki pengalaman bekerja, pertanyaan umumnya lebih kepada hal-hal terkait skripsi yang kamu kerjakan, dan hal-hal teknis/akademis lainnya sesuai dengan jurusan. Namun apabila kamu telah bekerja sebelumnya, pastinya pertanyaan akan lebih kepada pengalaman pekerjaanmu sebelumnya dan hal-hal ternis/akademis sesuai jurusan. Again, the questions are not limited to the things mentioned earlier. Every user will have their own questions. Just prepare everything really well before and don't be nervous.

5. Medical Check Up

Dua hari setelah wawancara, seluruh peserta yang mengikuti wawancara HC & user melakukan medical check up pada klinik yang sudah ditentukan di awal. Menurut aku pribadi, MCU ini tidak terlalu ketat seperti PLN. Beberapa tes yang dilaksanakan diantaranya pengambilan darah, tes EKG, tes buta warna dan minus, tes keseimbangan, rontgen thorax, tekanan darah, dan tes ambeien. 

Kurang lebih dua minggu setelahnya, peserta akan mendapatkan hasil akhir tes yang menyatakan apakah peserta dinyatakan diterima sebagai karyawan PT Hutama Karya (Persero).


Setelah dinyatakan diterima dan menandatangani kontrak, karyawan akan masuk ke dalam on boarding program yaitu pelatihan yang dilaksanakan selama sebulan dengan materi yang cukup padat namun sangat fun sebelum akhirnya ditempatkan pada masing-masing divisi.

--

Untuk kalian yang mendaftar MT HK 2020, semoga tulisan ini sedikit membantu memberikan kalian gambaran mengenai proses rekrutmen HK. If you have any question related to this, you can drop your question in the comment box below or just send your question to my email: dillandyana@gmail.com.

Good luck!

- DAS -








You Might Also Like

1 comments

  1. Pagi kak, permisi izin bertanya mengenai seputar proses rangkaian rekruitmen. Jadi selama pandemi ini apa ada sedikit perubahan dalam proses pelaksanaan tes nya ya kak? Apakah PTS kemungkinan dapat peluang lulus jadi karyawan di perusahaan tsb kak?
    Terimakasih, semoga membantu kami

    ReplyDelete