SELF PAMPERING: FACIAL TREATMENT AT GLOSKIN TEBET

3:26 AM

Perawatan kulit belakangan ini menjadi suatu hal prioritas tidak hanya bagi kaum wanita tetapi juga bagi pria. Perawatan kulit penting dilakukan baik dari luar melalui penggunaan skincare dan treatment dan dari dalam melalui pola diet sehari-hari serta konsumsi supplement tambahan yang memang diperlukan. 

Berbicara mengenai skincare merupakan hal yang cukup menarik. Menarik karena skincare menjadi sangat booming dan berhasil meraup target pasar yang sangat luas belakangan ini. Meskipun skincare sudah ada sejak lama, namun pengenalan multiple step skincare rupanya telah mengubah horizon knowledge semua orang mengenai pentingnya skincare termasuk aku pribadi. Pendefinisian manfaat dan kegunaan atas masing-masing jenis skincare membuat setiap orang menjadi aware atas pentingnya merawat diri. Every girls demands a good quality of skin.

Skincare yang aku gunakan sehari-hari saat ini cukup sederhana apabila dibandingkan dengan Korean skincare yang sangat gencar sekarang ini. I have a super sensitive skin. You might notice that I often have a red skin. Terlebih ketika aku mencoba skincare baru, kurang dari satu jam kemerahan, gatal, dan jerawat secara otomatis muncul apabila produk tersebut tidak cocok di kulitku. I've done research about my skin type so many times. Believe it or not, aku bahkan membuat jurnal di notebook untuk summarize semua informasi terkait kulit melalui free journal yang ada di internet. Kondisi kulitku sangat rumit, karena tidak hanya sensitif, tetapi secara spesifik tipe kulitku adalah oily sensitive acne prone skin yang mana hal ini membuat aku harus ekstra picky untuk memilih produk yang tepat. Key points dari mini research yang aku lakukan adalah semakin minimalis dan sederhana produk yang digunakan maka semakin baik. Namun, itu juga tidak menjadi hal yang mudah.

Selama satu tahun lebih aku mengaplikasikan two steps skincare hanya dengan cleanser dan moisturizer/sunblock sehari-hari. Cleanser yang aku gunakan pada saat itu Cetaphil gentle cleanser. Teksturnya watery, bening, dan tidak berbusa. Sedangkan untuk moisturizer aku menggunakan Papulex. Papulex ini memiliki tekstur creamy berwarna putih namun cepat meresap ke dalam kulit dan tidak meninggalkan kesan sticky di kulit. It was good but it was just decent. Namun, yang terpenting bagiku pada saat itu adalah kedua produk itu tidak membuat kulitku menjadi lebih buruk.

Aku hanya menggunakan dua produk tersebut selama setahun dan berpikir bahwa aku membiarkan kulitku detox selama waktu tersebut. Pada waktu tertentu tiba-tiba wajahku kembali beruntusan yang sangat banyak (literally covering up my whole face lol) dan sampai akhirnya ibuku menyarankan untuk pergi ke salah satu dokter kulit di Gresik, Dr. Indah. Ada perasaan ragu mengingat aku sudah setahun lebih tidak menggunakan perawatan apapun dan berharap untuk free dari perawatan dokter. Akan tetapi, setelah konsultasi dengan dokter mengenai kondisi kulitku, aku mengetahui bahwa kunci perawatan yang harus aku lakukan adalah facial treatment. Mengingat wajahku super oily dan mudah berkomedo, maka penting bagiku secara rutin melakukan ekstraksi komedo melalui facial disamping diimbangi dengan pemilihan skincare non comedogenic. Aku terkadang harus menggunakan dua sheet face paper untuk sekali mengurangi kelebihan minyak di wajah lol.

Sejak saat itu aku memutuskan untuk kembali pada perawatan dokter. I even cannot use a random sheet mask or just a mask in general on my face. It usually makes my face burn and itchy all of sudden. What a struggle! Perawatan dari dokter hanya sebatas milk cleanser, cleanser, toner, sunblock, dan krim malam. I never use a makeup. Again, it makes my skin hella itchy. Di samping skincare tersebut, aku juga secara rutin meluangkan waktu untuk facial di klinik. Tidak spesifik pada klinik tertentu, aku seringkali berpindah tempat tergantung lokasi yang terdekat pada saat itu. Yang terpenting facial harus pada klinik kecantikan dan harus ada proses ekstraksi di dalamnya cause it's the only way to make my skin looks better and to get rid of blackhead and whitehead on my face.

Beberapa waktu yang lalu aku mencoba untuk melakukan treatment dermaoxy facial di klinik Gloskin Tebet yang terletak di Ruko Grand Soepomo, Jalan Prof. DR. Soepomo No. 73 A, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan. Sebelum datang kesana kita perlu terlebih dahulu melakukan appointment baik melalui whatsapp maupun telepon secara langsung. Setibanya di sana perawat akan menawarkan minuman yang nanti akan dibawa selama proses treatment. Tempatnya cukup nyaman, tenang, dan dokternya cukup informatif dalam menjelaskan kondisi kulitku. Diawali dengan scan wajah (scan analyzer) untuk melihat keseluruhan kondisi kulit mulai dari usia kulit, kelembapan, kadar minyak, flek, maupun kerutan. Dari hasil tersebut, dokter kemudian akan merekomendasikan treatment apa yang cocok untuk kondisi pasien. Namun, tidak perlu khawatir dokter akan menjelaskan harga dari masing-masing treatment dan menanyakan kesediaan pasien untuk treatment tersebut. Soal harga bagi aku pribadi masih cukup standar seperti klinik kecantikan lainnya.


Meskipun terletak di ruko yang kecil namun ruangan treatment cukup oke dan private, dipisah dengan tirai tertutup untuk masing-masing pasien. Bagiku pribadi ini poin plus dari sisi kenyamanan karena aku lebih prefer tempat yang tertutup seperti ini. Terkadang beberapa klinik memiliki ruang treatment yang terbuka digabung untuk 5-6 pasien dalam satu ruangan tanpa batasan.


Untuk perawatan dermaoxy sendiri tahapannya kurang lebih sebagai berikut:
  1.  Cleansing 
  2.  Massage wajah, leher, dan badan bagian atas
  3.  Steaming
  4.  Dermabrasion
  5.  Extraction 
  6.  HF
  7.  Mask
  8.  Oxygen Spray
  9.  Krim anti iritasi
Kondisi kulit setelah dibersihkan dan di massage. Jujur, ini kali pertama aku merasakan massage wajah dalam facial treatment. Super relax meskipun terlihat kemerahan dibawah mata akibat pijatan yang kuat di titik tersebut. But it's fine.



My bare face after treatment. Kemerahan dibeberapa area wajah setelah ekstraksi. Feeling fresh and clean.


Overall, aku cukup puas dengan treatment di Gloskin ini.  I love the service so much! Sangat ramah, detail, super gentle, dan tidak terburu-buru seperti beberapa klinik kecantikan lainnya. Probably will visit the clinic again!


- DAS -

You Might Also Like

0 comments